Agenda Terbaru

Statitik Pengunjung

62973
today Hari ini 37
yesterday Kemarin 34
minggu ini Minggu ini 1266
muhdela Minggu kemarin 0
muhdela Bulan ini 390
muhdela Bulan kemarin 900
muhdela Total Kunjungan 62973
Your IP: 18.225.234.234
Unknown
Rabu, 23 Maret 2016

Membangkitkan Kebiasaan Membaca

Membangkitkan Kebiasaan Membaca

Oleh : Murmiyati Hadi Santoso

      Membaca selama ini masih menjadi momok bagi siswa. Ini terbukti dengan keluhan yang mereka ungkapkan saat menerima soal dengan banyak bacaan. Mereka sering mengatakan tiap hari membaca, bahkan banyak membaca. Bedanya, membaca ala mereka adalah membaca buku pelajaran, atau membaca dalam rangka mengerjakan tugas. Bukan membaca karena keinginan sendiri untuk membaca. Membaca belum dirasa sebagai kebutuhan untuk mereka.

     Masih rendahnya daya baca siswa, maka perlu mencari cara agar mereka memiliki kebiasaan membaca. Kebiasaan membaca akan berpengaruh pada jumlah kosa kata yang dimiliki oleh siswa. Banyaknya kosa kata yang dimiliki siswa akan sangat membantu pada saat siswa tersebut harus menulis.

     Untuk mencapai kebiasaan membaca, bisa diawali dengan memaksa diri. Bagaimana caranya? Memaksa diri untuk membaca, baik itu membaca koran, majalah, buku pengetahuan, atau membaca karya sastra. Jenis bacaan apapun bisa dipilih, yang penting sesuai dengan minat baca. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam membangkitkan kebiasaan membaca. Buatlah target untuk membaca minimal dua halaman setiap hari. Lakukan itu secara rutin. Dalam hal ini disiplin menjadi penentu sukses tidaknya membangkitkan kebiasaan membaca. Bila langkah ini dilakukan dalam satu bulan, maka pada bulan berikutnya tentu akan terasa keinginan untuk membaca menjadi sebuah kebutuhan. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Yogyakarta, 7 Maret 2016

Last update: 2016-03-23 16:15:49