Agenda Terbaru

Statitik Pengunjung

24310
today Hari ini 1
yesterday Kemarin 46
minggu ini Minggu ini 784
muhdela Minggu kemarin 0
muhdela Bulan ini 694
muhdela Bulan kemarin 418
muhdela Total Kunjungan 24310
Your IP: 3.234.245.125
Unknown
Sabtu, 25 Januari 2020

Kaum Milenial Wajib Kuasai 6 Literasi

 

Sebagai generasi milenial seharusnya tahu dong apa itu literasi! Ada enam literasi yang seharusnya wajib dikuasi kaum milenial. Jika Anda merasa milenial,  pasti akan berusaha menguasainya! Berikut akan disajikan enam kemampuan literasi yang harus dikuasi milenial yang bersumber dari Instagram kemdikbud.ri.
Literasi baca tulis, numerasi,  sains,  finansial, digital,  dan literasi budaya dan kewarganegaraan merupakan enam literasi yang harus dikuasai oleh kaum milenial. 
Menurut KBBI, literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah suatu imformasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup; pengetahuan atau keterampilan  dalam bidang atau akivitas tertentu dan penggunaan huruf untuk mempresentasikan bunyi atau kata. 
Literasi baca tulis adalah kemampuan memahami isi teks tertulis,  baik yang tersirat maupun tersurat. Kemampuan ini juga dibutuhkan saat menuangkan gagasan dan ide ke dalam tulisan. 
Literasi numerasi adalah kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika  dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari. 
Literasi sains adalah kemampuan untuk  memahami fenomena alam dan sosial di sekitar kita. Dengan literasi ini diharapkan kita dapat mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah untuk hidup lebih aman dan sehat. 
Literasi finansial adalah pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep,  risiko,  dan keterampilan dalm bidang finansial. 
Literasi digital penting sekali dimiliki di zaman digital seperti sekarang ini. Literasi digital dibutuhkan untuk memperoleh atau menyaring informasi yang tidak terbendung datangnya. 
Literasi buday dan kewarganegraan merupakan kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, mencakup kemampuan individu dan masyarakat akan keberagaman suku,  bahasa,  adat istiadat,  kepercayaan,  dan lain-lain.

 

Last update: 2020-01-25 22:34:38