Agenda Terbaru

Statitik Pengunjung

22511
today Hari ini 6
yesterday Kemarin 14
minggu ini Minggu ini 348
muhdela Minggu kemarin 0
muhdela Bulan ini 155
muhdela Bulan kemarin 265
muhdela Total Kunjungan 22511
Your IP: 18.204.227.250
Unknown
Sabtu, 17 Augustus 2019

Guru Muhdela Ikuti Pelatihan dari PPM PPs PBI UNY

Guru Muhdela Ikuti Pelatihan dari PPM PPs PBI UNY

Rahmad Dwisantosa, guru bahasa Indonesia SMP Muhdela Jogja merupakan salah satu dari 32 guru SMP/MTs se-DIY yang mengikuti Pelatihan pengembangan Model Penugasan Pengayaan yang Kreatif bagi Guru Sekolah Menengah Pertama dalam Upaya pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang Bermakna di SMP Negeri 1 Yogyakarta pada tanggal 13 dan 20 Agustus 2019.

Pelatihan tersebut merupakan salah satu program kegiatan kelompok dosen di Program Pascasarjana UNY di tahun 2019 yaitu menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai sebuah bentuk wujud salah satu Tridarma perguruan tinggi. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Ari Kusmiatun,M.Hum., Ketua PPM PBI PPs UNY dalam sambutannya di acara pembukaan pelatihan.

“Semoga punya wawasan baru sehingga dapat menerapkan dalam pembelajaran di sekolah,” tegas Dr. Ari Kusmiatun,M.Hum, saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Yogyakarta, Dra. Y. Niken Sasanti,M.Pd., dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan di sekolahannya tersebut. Beliau juga menyampaikan betapa pentingnya seorang guru menguasai pembelajaran abad 21. Menurutnya seorang guru yang menguasai pembelajaran abad 21 menerapkan empat hal yaitu HOTS, 4CS, GLS, dan PPK.

Ibu Niken, begitu sapaan akrab Kepala SMP negeri 1 Yogyakarta juga memberikan semangat da motivasi kepada peserta pelatihan. Kemudian di akhir sambutannya, beliau diberi kehormatan untuk membuka pelatihan. Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, beliau membuka acara pelatihan.

“Sebagai guru bahasa Indonesia, tidak hanya membelajarkan bahasa Indonesia, tetapi bisa membelajarkan ke-Indonesia-an,” kata Ibu Niken sebelum membuka secara resmi pelatihan.

Pelatihan tersebut tentu sebagai bentuk pengabdian UNY kepada masyarakat yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama guru bahasa Indonesia di Yogyakarta. Pelatihan ini terbagi dalam dua jenis. Pertama, secara tatap muka, yaitu tanggal 13 dan 20 Agustus 2019. Kedua, secara daring (dalam jaringan) selama lima hari, 14-18 Agustus 2019.

“Pelatihan ini bermanfaat karena meningkatkan kreativitas saya dalam memberikan tugas pengayaan kepada peserta didik. Saya memiliki banyak pemikiran atau ide yang akan saya terapkan dalam penugasan pengayaan,” kata Rahmad Dwisantosa setelah mengikuti pelatihan di hari pertama. (RD)

Last update: 2019-08-17 07:14:10