Agenda Terbaru

Statitik Pengunjung

18998
today Hari ini 29
yesterday Kemarin 18
minggu ini Minggu ini 497
muhdela Minggu kemarin 0
muhdela Bulan ini 251
muhdela Bulan kemarin 399
muhdela Total Kunjungan 18998
Your IP: 54.227.186.112
Unknown
Minggu, 25 November 2018

SMP MuhDela Jogja Kunjungi Pulau Dewata

Siswa kelas VIII SMP MuhDela Jogja 30 November hingga 4 Desember 2018 mengunjungi Pulau Dewata, Bali. Ini merupakan kunjungan wisata yang dilakuakan sekolah dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan peserta didik melalui kegiatan di luar sekolah.

Study tour merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang tujuannya untuk mepelajari proses yang sebenarnya di lapangan. Tentu saja tidak hanya pembelajaran secara akademik saja yang didapatkan, sesuai dengan namanya siswa juga berwisata. Hal ini dilakukan karena tidak mungkin akan menghadirkan semua pariwisata tersebut dalam kelas saat pembelajaran.

Manfaat yang didapatkan siswa kelas VIII dalam study tour antara lain sebagai berikut, Pertama, Siswa mendapatkan sumber informasi yang aktual. Kedua, mengambangkan sikap ingin tahu dan memberikan pengertian yang luas. Ketiga, Pengalaman yang dialami langsung di objek wisata menjadi guru terbaik. Keempat, Meningkatkan kesadaran sosial siswa terhadap masyarakat. Terakhir, memperkaya pengetahuan dan mempererat hubungan antarsiswa.

Tidak hanya sekedar berwisata dan belajar di lokasi wisata, tetapi siswa kelas VIII setelah melakukan study tour membuat tugas berkaitan dengan kegiatan tersebut. Tugas tersebut diberikan oleh Dita Apriliani,S.Pd., dan Rahmad Dwisantosa,S.Pd. selaku guru Bahasa Indonesia. Tugas yang diberikan sederhana dan diberi waktu satu minggu untuk pembuatannya.

“Tugas siswa adalah mendokumentasikan kegiatan mereka dalam enam bentuk. Setiap kelas kami bagi menjadi lima atau enam kelompok kemudian setiap kelompok mendapatkan tugas yang berbeda yang didapatkan dari diundi. Tugas tersebut: membuat laporan perjalanan, foto dokumenter, video dokumenter, mading, wawancara, dan laporan langsung (berita),” terang Rahmad Dwisantosa saat diwawancarai. (RD)

Last update: 2018-11-25 23:36:11