Agenda Terbaru

Statitik Pengunjung

18001
today Hari ini 1
yesterday Kemarin 12
minggu ini Minggu ini 256
muhdela Minggu kemarin 0
muhdela Bulan ini 255
muhdela Bulan kemarin 366
muhdela Total Kunjungan 18001
Your IP: 54.162.239.233
Unknown
Selasa, 08 Mei 2018

MuhDela Jogja Laksanakan Tes PISA 2018

 

MuhDela Jogja Laksanakan Tes PISA 2018
     SMP MuhDela Jogja pada hari Selasa, 8 Mei 2018 telah melaksanakan tugas negara yaitu tes PISA 2018. SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta (MuhDela Jogja) mampu melaksanakan tugas ini dengan baik dengan didampingi oleh Dra. Indriarti, M.M., Prof. Djemari Pradapi, P. Hd., dan Hasyim, S.IP.,M.Acc.
PISA (Programe For International Student Assessment) merupakan sistem penilaian secara internasional yang menitikberatkan pada kemampuan anak usia 15 tahun dalam bidang literasi bahasa, matematika, sains, dan finansial. Siswa MuhDela yang terpilih sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 3 siswa kelas VII, 6 siswa kelas VIII, dan 41 siswa kelas IX.
     Program internasional yang diselenggarakan tiga tahunan oleh organisasi untuk kerjasama ekonomi dan pembangunan (OECD) ini menilai budaya literasi di 80 negara di dunia. Tahun ini, Indonesia mengikuti PISA dengan tiga sampel provinsi,  yaitu DIY,  DKI Jakarta, dan NTB. Salah satu sekolah yang dijadikan sampel DIY adalah SMP MuhDela Jogja. 
     Pelaksanaan PISA di SMP MuhDela berjalan dengan baik. Hal ini diungkapkan oleh Hasyim, S.IP.,MAcc., "Pelaksanaan PISA di SMP Muhammadiyah 8, mulai dari persiapan sampai pelaksanaan saya lihat berjalan dengan baik. Anak-anak semangat (mengikuti tes PISA). Dorongan orang tua baik karena terjalin kerjasama yang baik antara orang tua dan sekolah." Beliau juga menambahkan bahwa di hari pelaksanaan siswa mengikuti dengan baik. Tinggal nanti menunggu hasil dari tes. "Mudah-mudahan hasil PISA tahun ini lebih baik dari sebelumnya, " tambahnya.
     Kepala Sekolah SMP MuhDela,  Purwantini, S. Pd., mengucapkan terima kasih kepada dinas yang telah mendampingi pelaksanaan PISA.  Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Dra. Indriarti, MM sebagai PQM (PISA Quality Monitor) dan Prof. Djemari Pradapi, P. Hd. Sebagai Administrator Test PISA yang ditugaskan PUSPENDIK. 
     "Kami sudah berusaha dengan maksimal agar siswa mampu mengikuti tes PISA dengan baik. Semoga hasilnya (tes PISA) baik, " ujar Purwantini, S.Pd.
     Menurut beberapa siswa peserta tes PISA bahwa soal dan bacaan beragam. Sempat siswa kesulitan, namun mereka tetap berusaha semaksimal kemampuan mereka. Sekolah tentu berharap bahwa tes PISA tidak hanya meningkatkan nilai saja, tetapi memperoleh pemahaman yang mendalam terhadap teks yang dihadapi serta mampu mengemukakan gagasan secara mendalam pula. (RD) 

Last update: 2018-05-08 22:16:36